Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat Di RW 08

Tamansari - Foto Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat
Foto Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat
Tamansari, Ibu-ibu warga RW 08 Desa Tamansari Kabupaten Bogor, berkumpul mendengarkan sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat yang disampaikan oleh dua orang petugas Dinas Kesehatan Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor tadi pagi (34/9).

Sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan menjaga lingkungan, selain itu juga dilakukan pendataan siapa saja yang belum memiliki toilet dalam rumah, dengan pendataan yang dilakukan, akhirnya didapatkanlah data bahwa 30% rumah di RW 08 ini belum memiliki toilet.

Tamansari - Foto Saat Kepala Desa Tamansari Memberikan Himbauan
Foto Saat Kepala Desa Tamansari Memberikan Himbauan
Mendengar info yang disampaikan oleh salah satu warga, bahwa kebanyakan warga RW 08 masih mengandalkan sungai sebagai pengganti toilet yang sudah jelas bisa mencemari air sungai , Gumilar Suteja, Kepala Desa Tamansari yang sedang menyaksikan sosialisasi saat itu, meminta waktu untuk membantu menyampaikan  menghimbauan kepada warga yang hadir, untuk tidak membiasakan menggunakan sungai sebagai pengganti toilet, "Sebagai solusinya, di setiap RW se-desa Tamansari akan dibangun Toilet Umum satu atau dua, untuk masalah tanah saya serahkan kepada pengurus RT dan RW, yang penting strategis" katanya.

Pembangunan toilet umum akan disesuaikan dengan kondisi wilayah RW, kata Gumilar Suteja "Berhubung RW 08 terbagi dua wilayah oleh wahangan, maka insyaAllah akan kita bangun dua toilet". Walau beberapa orang yang hadir terus saja meminta lebih dari dua toilet, namun mayoritas para ibu rumah tangga di RW 08  ini menyerahkan soal jumlah pembangunan dan mendukung, serta siap menjaga toilet umum jika nanti telah selesai dibangun dengan merawatnya bersama.

Posted by Unknown on Selasa, September 24, 2013. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar untuk "Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat Di RW 08"

Leave a reply