Pembangunan Website Guna Menyampaikan Infomasi Desa

Pembangunan adalah kata yang sangat erat dengan langkah perubahan. Perubahan ke arah memperbaiki, menciptakan dan mengembangkan potensi berbagai aspek dalam pemerintaan. Dalam pemerintahan istilah Pembangunan tidak pernah selesai dengan kata ‘akhir pembangunan’, dikarenakan secara simultan pembangunan selalu terus berlanjut mengikuti kebutuhan masyarakatnya.

Keberlangsungan pembangunan di awaki berbagai kewajiban dan kewenangan masing-masing pihak. Yaitu, Pemerintah dan Masyarakat yang khususnya terdiri dari muda-mudi kreatif bangsa sekaligus penerus pembangunan dalam pemerintahan.

Kalimat yang cukup berarti : “Permasalahan saat ini seringkali disadari namun begitu sering pula tidak dapat diatasi”, situasi seperti ini mungkin atau bisa dikatakan memang terjadi karena kurangnya keterbukaan diantara Pemerintah dan Masyarakat yang merupakan awak pembangunan seperti yang telah dipaparkan diatas.

Dengan keterbukaan informasi (publik) itu bisa menjembatani Pemerintah dan Masyarakat untuk saling bertukar pikiran, berbagi / menyampaikan informasi yang dibutuhkan guna pembangunan. Diantaranya seperti, Apa kebutuhan / permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat, bigitupun apa yang tengah / harus dilakukan pemerintah sebagai solusi masalah tersebut.

Menerapkan sistem pemerintahan elektronik (e-government) tanpa mengeluarkan dana yang besar, bahkan penerapan pemerintahan elektronik menjadi strategi penghematan anggaran belanja desa.
Dampak lain penerapan TIK di perdesaan yaitu membiasakan warga untuk menulis. Warga membuat tulisan atau berita tentang desa untuk ditayangkan di website. Kebiasaan ini menunjang sistem administrasi perkantoran dan upaya mengurangi kebutuhan penggunaan kertas (paperless). Mereka mulai terbiasa mengirim undangan, cukup menggunakan email (surat elektronika) yang menghemat penggunan kertas, juga mempercepat waktu pengiriman dan penghematan anggaran.

Tidak berlebihan bila gerakan pemanfaatan TIK di dunia perdesaan dianggap mampu menyinergikan gerakan kemandirian teknologi, pelestarian lingkungan, good and clean governance dan pengembangan ekonomi desa. Maka dari itu pemanfaatan Website guna dijadikan media penyampaian informasi desa adalah ide yang tepat dan cemerlang.

Posted by Unknown on Minggu, Juni 16, 2013. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar untuk "Pembangunan Website Guna Menyampaikan Infomasi Desa"

Leave a reply